MONOPOLI
BISNIS
Definisi pasar monopoli
Monopoli adalah
suatu bentuk pasar dimana dalam sebuah industri hanya terdapat sebuah
perusahaan dan produk yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yang sempurna
Ciri-ciri pasar monopoli
1.Dlm industri hanya terdapat sebuah perusahaan
2.Produk
yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yangsempurna
3.Perusahaan baru sulit memasuki industry
4.Perusahaan
memiliki kemampuan menentukan harga (pricemaker)
5.Promosi
iklan kurang diperlukan
Faktor-faktor yang menyebabkan
timbulnya monopoli
1.Memiliki sumberdaya yang unik
2.Perusahaan menikmati skala ekonomis
3.Mendapatkan hak monopoli dari pemerintah:
a.Hak paten, hak cipta
b.Hak usaha ekslusif
Contoh kasus dalam pasar monopoli
Kasus
PT Carrefour Indonesia dan keputusan KPPU
KPPU akan panggil Presiden Direktur PT
Carrefour Indonesia terkait laporan dugaan monopoli yang dituduhkan pada
perusahaan ritel tersebut pascaakuisisi PT Alfa Retailindo. Direktur Komunikasi
KPPU A Junaidi menyebut pemanggilan Carrefour selaku terlapor dijadwalkan
Senin, 13 April 2009 pukul 11.00, dalam rangka pemeriksaan pendahuluan. KPPU
akan meminta keterangan dari pihak Carrefour selaku terlapor tentang beberapa
isu yang mengemuka pada dugaan pelanggaran Pasal 17 dan Pasal 25 UU Nomor 5
Tahun 1999. "Termasuk klarifikasi
struktur pasar dan beberapa conduct yang diduga melanggar UU
Persaingan," kata Junaidi.Ditambahkannya, pemanggilan Carrefour ini juga
sekaligus memberi kesempatan pada peritel itu untuk menjelaskan atau
mengklarifikasi beberapa fakta sementara yang sudah diajukan pihak pelapor
kepada KPPU sebelumnya. Sebelumnya, Carrefour dilaporkan karena diduga
penguasaan pasarnya pasca-mengakuisisi Alfa Retailindo telah melanggar
ketentuan UU Anti Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.
“Menurut saya dalam menciptakan etika bisnis, ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu pelaku bisnis dan pihak yang
terkait mampu mengendalikan diri untuk tidak mendapatkan keuntungan dengan
jalan main curang dan menekan pihak lain, pelaku bisnis hendaknya menciptakan
persaingan bisnis yang sehat, dan pelaku bisnis seharusnya tidak memikirkan
keuntungan hanya pada saat sekarang, tetapi perlu memikirkan bagaimana dengan
keadaan dimasa mendatang”.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar